Selasa, 21 November 2017

8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam budaya, destinasi wisata, bahkan oleh-oleh setiap daerah juga beragam. Salah satu daerah yang memiliki aneka ragam oleh-oleh, adalah Solo. Daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini, tak hanya memiliki banyak destinasi wisata, budaya, tetapi juga memiliki beraneka ragam oleh-oleh. Berwisata ke Solo memang tak lengkap tanpa membawa buah tangan saat pulang ke daerah asal. Berikut 15 oleh-oleh khas Solo yang wajib dijadikan buah tangan, dan sangat ramah kantong :
  1. Surabi Solo
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Oleh-oleh khas Solo murah meriah yang pertama, adalah surabi solo. Meskipun makanan ini tidak bertahan lama, tetapi banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai buah tangan. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, makanan ini merupakan makanan favorit kaum muda. Selain rasanya yang gurih, surabi solo pantas dijadikan oleh-oleh karena harganya yang terjangkau. Salah satu pusat oleh-oleh Solo yang menjual makanan khas ini, bertempat di Jalan Mohamad Yamin No.28 Solo. Di tempat ini, surabi solo dijual dengan harga Rp. 1800 untuk surabi polos dan Rp. 2000 untuk surabi yang memiliki rasa.
  1. Rambak Petis
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan lalu digoreng kering, rambak merupakan makanan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh kalau kamu sedang berlibur ke Solo. Rambak merupakan makanan ringan khas Solo yang memiliki rasa gurih, dan renyah. Makanan ringan berharga murah ini akan lebih enak apabila kamu memakannya dengan petis udang yang pedas. Jika kamu ingin membeli rambak petis dengan harga yang sangat terjangkau, kamu bisa langsung ke rumah produksi yang berada di Kampung Jagalan Rt 01/11, Jebres Solo. Untuk harga rambak tanpa petis kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 128.000/kg dan untuk yang sama petis Rp. 132.000/kg. Kamu juga bisa membeli dalam kemasan kecil, hanya Rp. 6.400 tambah Rp. 1000 bila ingin sama petisnya.
  1. Ampyang
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Hanya dengan Rp. 4000 sampai Rp. 15.000 kamu bisa membawa salah satu oleh-oleh khas Solo, yaitu ampyang. Terbuat dari lelehan gula jawa dan kacang tanah yang dicetak, ampyang atau yang sering disebut gula kacang cocok dijadikan buah tangan. Oleh-oleh khas Solo murah meriah ini memiliki cita rasa yang manis legit, serta memiliki harga yang murah. Untuk mendapatkan makanan yang bisa bikin rindu ini, kamu bisa langsung ke pusat oleh-oleh khas Solo atau ke Pasar Gedhe.
  1. Intip
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Oleh-oleh khas Solo murah meriah selanjutnya, adalah intip. Intip merupakan makanan ringan khas Solo yang terbuat dari sisa nasi yang di jemur hingga kering, selanjutnya di goreng dengan minyak panas. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, asin , dan renyah. Terdapat juga intip rasa manis, rasa ini berasal dari lelehan gula jawa. Untuk memperoleh oleh-oleh murah ini, kamu tak perlu susah mencari. Kunjungi saja sentra oleh-oleh, disana akan banyak dijumpai intip. Harga dari oleh-oleh sangat murah, hanya Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 saja. Tetapi jika kamu menjumpai dengan harga yang lumayan Rp. 15.000 jangan kaget, karena setiap toko memiliki harga masing-masing.
  1. Roti Kecik Ganep
Roti Kecik Ganep, merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari tepung ketan. Roti ini bisa bertahan lama, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang dari Solo. Makan Roti Kecek Ganep lebih nikmat, apabila dipadukan dengan menyeruput teh hangat.  Roti ini dijual dengan berat yang berbeda, mulai dari 45 gram sampai 600 gram. Harganya pun beragam, mulai Rp. 5.000 sampai Rp. 57.000.
  1. Serundeng
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Mungkin makanan yang satu ini sering kita jumpai di bergai daerah, namun setiap daerah tentu memiliki rasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu ketika kamu berlibur ke Solo, kamu harus tetap membeli yang namanya serundeng. Makanan yang hampir mirip sama abon ini, wajib kamu bawa puang untuk orang-orang dirumah. Serundeng merupakan makanan yang berasal dari parutan kelapa, yang di goreng tanpa minyak, serta memiliki rasa yang gurih. Di Solo serundeng dijual dengan harga yang terjangkau, oleh sebab itu makanan ini patut kamu jadikan oleh-oleh.
  1. Brem Solo
Jajanan yang terbuat dari olahan bekas air peragian tape, memiliki cita rasa yang asam, serta melumer ketika di dalam mulut. Brem Solo memiliki bentuk yang bulat padat. Berwisata ke Solo gak lengkap tanpa membawa Brem Solo sebagai oleh-oleh. Untuk medapatkannya, kamu bisa mengunjungi sentra oleh-oleh khas Solo.
  1. Serbat Jahe
8 Oleh Oleh Khas Solo Murah Meriah Yang Wajib Dibawa Pulang
Oleh-oleh khas Solo murah meriah yang lainnya, adalah serbat jahe. Serbat jahe terbuat dari olehan jahe cair yang di campur dengan rempah-rempah khas Solo, kemudian di jadikan serbuk. Oleh-oleh ini bisa kamu bawa pulang, karena sudah dikemas dan bisa tahan lama. Untuk memperolehnya, kamu bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh di Kota Solo. Nah banyak dan beragam kan oleh-oleh khas Solo yang murah meriah, jangan sampai ada yang tidak terbeli. Rasa yang enak, khas alias tidak ada duanya, serta tak menguras kantong. Selamat berlibur, semoga liburanmu berkesan.

Sumber : SantaiAe.com | Oleh Oleh Khas Solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar